Antrian di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) Pasca Lebaran Melonjak

Antrian Wajib Pajak di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) di KPP Pratama Cilacap usai lebaran begitu melonjak. Antrian tidak seperti hari-hari biasanya sebelum lebaran yang cenderung sepi karena Wajib Pajak lebih memilih melaporkan SPT masa secara online. Pada hari Senin tanggal 10 Juni 2019 bertepatan dengan hari kerja pertama, nomor antrian TPT sempat di stop sementara karena antrian Wajib Pajak yang belum terlayani masih 200 an Wajib Pajak. Untuk menghindari antrian tidak terlayani akhirnya di stop sementara. Namun demikian untuk antrian yang lain seperti Help Desk dan konsultasi ke AR tetap dibuka. Antrian pada dua hari berikutnya juga sama panjangnya. Ruang TPT di KPP Pratama Cilacap penuh sesak dengan Wajib Pajak yang antre.




Pemandangan seperti ini sebenarnya sudah saya prediksi sebelum lebaran. Ada beberapa alasan mengapa pada hari pertama setelah lebaran antrian bisa meningkat tajam.

  1. Tanggal 10 Juni 2019 juga merupakan batas waktu penyetoran PPh Pasal 21 sehingga banyak Wajib Pajak yang ingin membuat billing PPh di KPP Pratama Cilacap ikut antre. 
  2. Banyak Wajib Pajak baru yang mendaftar NPWP untuk digunakan sebagai syarat memperoleh pekerjaan.
  3. Momen lebaran ketika banyak Wajib Pajak yang pulang kampung mendapati surat-surat dari KPP Pratama Cilacap kemudian ingin memberikan penjelasan atas surat-surat tersebut.
Langkah yang dilakukan untuk menghindari adanya antrian yang tidak terlayani, akhirnya KPP Pratama Cilacap menyetop antrian untuk sementara sampai dengan Wajib Pajak terlayani. 

0 Response to "Antrian di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) Pasca Lebaran Melonjak"